Kami siap mendengarkan anda..

Minggu, 16 Juni 2013

Prudential Indonesia Tanda tangani Perjanjian Kerja Sama dengan Universitas Indonesia

Jakarta, 28 Januari, 2013 – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) hari ini menandatangani perjanjian kerja sama dengan Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (MM-FEUI) sebagai langkah awal kolaborasi kedua organisasi ini dalam merealisasikan pembukaan program Pasca-Sarjana Magister Manajemen Aktuaria.

Pertumbuhan industri asuransi jiwa beberapa tahun ke belakang menunjukan potensi yang positif dengan rata-rata pertumbuhan 20-30% dalam lima tahun terakhir. Namun demikian pertumbuhan ini belum diimbangi dengan jumlah SDM yang memiliki keahlian aktuaria yang memadai. Ahli Aktuaria (Aktuaris) memiliki kemampuan teknis antara lain dalam perancangan produk dan analisa risiko pada asuransi dan investasi yang sangat dibutuhkan dalam perusahaan asuransi. Saat ini aktuaris di Indonesia berjumlah masih di bawah 200 orang, sedangkan kebutuhan industri diperkirakan lebih dari 600 aktuaris (sumber: Bapepam-LK). Kebutuhan tersebut akan terus tumbuh seiring dengan berkembangnya industri asuransi di Indonesia.


Melalui kolaborasi dengan Prudential Indonesia, MM-FEUI akan membuka pendaftaran program studi Magister Manajamen Aktuaria di Bulan Februari 2013. Jossy Prananta Moeis selaku Pejabat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia mengatakan, ”Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Prudential Indonesia untuk dapat mendirikan program studi Magister Aktuaria. Kami berharap ini merupakan langkah awal bagi pengembangan industri asuransi untuk semakin maju lagi dan peran berkelanjutan Universitas Indonesia sebagai pencetak tenaga kerja ahli aktuaria siap pakai. Kami juga sangat menghargai dukungan Prudential dalam pengembangan kurikulum serta seluruh infrastruktur yang dapat membantu aktifitas belajar-mengajar nantinya.”

Aktuaria adalah suatu cabang ilmu yang sifatnya multidisipliner. Ilmu tersebut menggunakan metode-metode atau prinsip-prinsip yang ada pada statistika dan juga matematika dalam rangka memperkirakan, memprediksi, mengkalkulasi, membuat suatu perencanaan, model dan gambaran tentang prinsip-prinsip yang berlaku pada dunia asuransi, dana pensiun, dan keuangan pada umumnya. Posisi seorang aktuaris dalam mengembangkan produk asuransi adalah salah satu kunci penting dalam lingkup bisnis perusahaan asuransi yang secara nyata berpengaruh terhadap jenis dan spesifikasi produk yang ditawarkan perusahaan tersebut.

William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengatakan “Program kolaborasi dengan UI ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Prudential Indonesia terhadap perkembangan industri, sekaligus upaya perusahaan dalam mendukung asosiasi dan regulator dalam memastikan ketersediaan tenaga ahli, serta memfasilitasi pengembangan ilmu aktuaria di Indonesia.  Sumber daya manusia yang mempunyai kualifikasi sebagai seorang aktuaris sangat dibutuhkan karena potensi pasar asuransi yang masih sangat luas dan posisi aktuaris yang strategis dalam upaya industri memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Kami percaya apa yang kami lakukan di hari ini akan membuahkan nilai-nilai yang sangat positif bagi industri asuransi, khususnya asuransi jiwa.”

Inisiatif yang dilaksanakan oleh Prudential Indonesia ini berada di bawah naungan inisiatif tanggung jawab sosial korporasi Prudential Indonesia yang lebih besar yang bertemakan “A Million Hearts for A Million Dreams” atau “Sejuta Hati untuk Sejuta Mimpi” dengan tiga pilar yaitu edukasi, anak-anak, serta penanggulangan dan pencegahan bencana. Sebagai salah satu program dalam pilar edukasi, dalam kerja sama dengan UI ini Prudential Indonesia tidak hanya mendukung dari segi pengembangan infrastruktur, namun juga dalam melakukan kontribusi atas pembuatan kurikulum terbaru bagi program studi, dan dalam realisasinya nanti Prudential Indonesia juga akan aktif berkontribusi bagi pengembangan kompetensi tenaga pengajar dan mahasiswa dengan mengirimkan dua dosen setiap tahunnya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan aktuaria internasional serta mendatangkan international lecturer untuk memberikan workshop ilmu aktuari. 

Selain itu Prudential Indonesia juga mendukung kegiataan sosialisasi atas keprofesian Aktuaris dan program studi Magíster Aktuari MM-FEUI ini serta kegiatan promosi lainnya. Selanutnya setiap tahunnya sampai dengan tahun 2015 Prudential Indonesia juga akan memberikan dua beasiswa kepada dua mahasiswa untuk dapat mengikuti program ini.

William menambahkan, ”Harapan kami, dengan dukungan yang diberikan oleh Prudential Indonesia kepada pendirian, pembukaan serta pemasaran program di tiga tahun pertama berdirinya program magister aktuaria di MM-FEUI, program ini dapat turut memperkuat tingkat kesadaran masyarakat dan meningkatkan minat akan ilmu aktuaria dan karir sebagai aktuaris dalam jangka panjang.”

Mengenai Prudential plc dan Prudential Corporation Asia
Prudential plc didirikan di Inggris,dan merupakan sebuah grup jasa keuangan internasional terkemuka. Prudential plc menyediakan  jasa asuransi dan layanan keuangan lainnya melalui anak usaha dan afiliasi di seluruh dunia. Prudential telah menyediakan jasa asuransi jiwa di Inggris selama lebih dari 160 tahun dan memiliki total dana kelolaan sebesar £363 miliar (per 30 Juni 2012). Prudential plc tidak berafiliasi dengan Prudential Financial, Inc., sebuah perusahaan yang beroperasi di Amerika Serikat

Untuk wilayah Asia, Prudential Corporation Asia (PCA) menyediakan produk- produk yang memenuhi kebutuhan akan simpanan, perlindungan dan investasi nasabah, serta merupakan grup perusahaan keuangan terdepan yang menyediakan produk-produk dan pelayanan yang sesuai kebutuhan nasabah, dengan pengalaman lebih dari 80 tahun.

Prudential mengoperasikan bisnis asuransi jiwa di 13 negara Asia yaitu Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Korea, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam dan Kamboja. Prudential plc melalui bisnis manajemen astnya juga mempunyai pengalaman di 11 pasar Asia dan Amerika Serikat.

Di triwulan ketiga tahun 20121 berdasarkan Annualized Premium Equivalent (APE) dari bisnis baru di Asia mencapai pertumbuhan 16 persen menjadi £ 1,3 miliar (Rp 20,2 triliun).

Mengenai Prudential Indonesia
Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup jasa keuangan asal Inggris dengan pengalaman lebih dari 160 tahun. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Di samping itu, Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia.

Dari data terakhir per 30 September 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di  Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 280 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali). Prudential Indonesia melayani lebih dari 1,6 juta nasabah.

Mengenai MM-FEUI
Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (MM-FEUI) merupakan tempat terbaik untuk menghasilkan calon-calon pemimpin muda masa depan. Setelah mengabdi sejak tahun 1988 dalam menyelenggarakan pendidikan magister yang berkualitas,  Program Studi MM-FEUI telah menghasilkan 4500  lulusan dengan gelar Magister Manajemen (MM).

Dengan reputasi sebagai institusi pendidikan bisnis dan manajemen terkemuka di Indonesia, Program Studi MM-FEUI secara konsisten mempertahankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai akademis yang sesuai dengan perkembangan dunia manajemen, serta menyelaraskannya dengan praktik dunia bisnis. Sebagai perintis dari Program Magister Manajemen di Indonesia, MM-FEUI terus berkomitmen dalam penyelenggaraan pendidikan magister yang berkualitas, serta menjadi pelopor dan benchmark bagi pengembangan program Magister Manajemen dari berbagai lembaga pendidikan lainnya di Indonesia.

Menurut Ketua Program Studi Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, komitmen tersebut harus diwujudkan dengan pengembangan dan pembenahan fasilitas fisik, kurikulum, teknologi dan fasilitas pendukung pendidikan di kampus Salemba. Program Studi MM-FEUI juga mencanangkan program Participant Centered Learning (PCL), sebuah program untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang menuntut pengajar dan mahasiswa berperan aktif dalam proses pembelajaran (learning), penemuan hal-hal baru (discovering), berbagi ilmu pengetahuan (sharing of knowledge) dan menanamkan nilai-nilai. Program-program ini memperkaya ilmu dan perilaku calon pemimpin masa depan yang akan membuat lulusan Program Studi MM-FEUI diminati sebagai pemimpin yang memiliki integritas, berwawasan global dan memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.

Seiring dengan perkembangan usianya yang saat ini mencapai dua puluh empat tahun, Program Studi MM-FEUI  menawarkan enam konsentrasi dari program regular, yaitu: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Umum. Selain itu Program Studi MM-FEUI juga menawarkan empat konsentrasi dari program khusus di bidang keuangan, yaitu: MM Aktuaria, MM Pasar Modal, MM Keuangan Syariah, MM Manajemen Risiko,  dan satu program international MM-MBA.  Saat ini Program Studi MM-FEUI telah bergabung di dalam Master of Advanced Management Global Network yang diprakarsai oleh Yale University. Perkembangan jumlah konsentrasi ini merupakan salah satu upaya MM-FEUI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber daya manusia yang handal dalam berbagai konsentrasi di bidang manajemen bisnis.

Ingin berkarir bersama Prudential Indonesia ?
Klik Here..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's Join Us

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Advertising

Advertising
Terapi Kesehatan, Kecantikan & Penyakit Kritis