Kami siap mendengarkan anda..

Sabtu, 11 Mei 2013

4 Hal yang Tak Dilakukan Orang Sukses di Akhir Pekan

Jakarta - Menjadi orang sukses adalah impian semua orang. Orang sukses pun butuh istirahat. Tetapi kadang, mereka menggunakan waktu istirahatnya dengan cara berbeda. Laura Vanderkam, pengarang buku "What the Most Successful People Do on the Weekend" menuliskan beberapa kegiatan akhir minggu yang dilakukan orang sukses:

1. Orang sukses tidak memaksa diri
Kebanyakan orang sukses akan menghabiskan banyak waktunya bekerja keras. Tetapi ada kalanya ia butuh ruang dan waktu untuk mendapat inspirasi.


James Reinhart, pemilik toko penjualan baju daring ThredUp.com salah satunya. Ia memiliki perusahaan yang memiliki karyawan dari 30 menjadi 140 orang dalam setahun. Setelah membangun perusahaan, disadarinya, ia butuh waktu untuk menenangkan pikiran supaya bisa berpikir jernih.
Reinhart, seperti dikutip dari buku Vanderkam, menghabiskan 2 jam di pagi hari akhir pekan untuk berlari bersama putrinya. Ia mengaku sering mendapat "pencerahan" atas masalah di kantor ketika berlari di taman dekat rumahnya. Banyak penelitian mengatakan, latihan fisik bisa membantu mendorong fungsi otak.

Salah satu poin pentingnya adalah untuk menyisakan waktu dalalm seminggu untuk terlepas dari hal yang berkait pekerjaan. Jangan memaksakan diri untuk selalu terkoneksi dengan hal yang terkait pekerjaan. Nikmati waktu, beri sedikit kelonggaran diri.

2. Orang sukses tidak bermalas-malasan
Kebanyakan orang yang bermimpi menjadi sukses bekerja sangat keras di minggu kerja, berharap bisa tidur panjang di hari Sabtu-Minggu. Alhasil, Anda cenderung menyeret kaki supaya bisa ke kantor.

Supaya hari-hari kerja dan akhir pekan lebih produktif, upayakan untuk membuat rencana menyenangkan di hari Sabtu-Minggu. Jangan berencana tidur panjang. Tapi buat sesuatu yang seru. Contoh, bila Anda punya satu restoran favorit yang jarang dikunjungi, coba buat reservasi di hari Rabu untuk memberi "hadiah" kepada diri sendiri atas hasil kerja yang efisien dan baik. Dengan begini, semangat Anda akan lebih terpacu. Hari kerja pun jadi lebih menyenangkan berkat dorongan antisipasi jelang akhir pekan. Akhir pekan pun tidak dihabiskan dengan bermalas-malasan, karena Anda punya kegiatan untuk dilakukan.

3. Orang sukses tidak hanya menghabiskan waktu membersihkan rumah
Tidak semua orang punya tenaga tambahan untuk membersihkan rumah setiap hari. Bila Anda punya, bersyukurlah. Tetapi bila tidak punya, jangan habiskan waktu di akhir pekan untuk membersihkan rumah saja.

Disarankan Vanderkam untuk menyicil pekerjaan rumahan di pertengahan pekan supaya di akhir pekannya Anda punya waktu untuk mengerjakan hal yang lebih menyegarkan.

Contoh, pergilah belanja bahan makanan mingguan di hari Rabu, sekitar pukul 20.30. Di hari dan jam tersebut, biasanya toko bahan makanan sedang sepi. Anda punya waktu untuk melihat dan memilih lebih cermat, tidak diburu-buru orang lain. Atau, biasakan mencuci pakaian dengan mencicil, jangan ditumpuk lebih dari 2 hari. Atau, kalau memang terlewat, siapkan jam khusus di hari Minggu, sekitar pukul 15.00-18.00. Dengan begini, di hari Sabtu, Anda bisa katakan pada diri sendiri, "Saya punya waktu seharian ini untuk menyegarkan diri karena pukul 15.00-18.00 saya siapkan untuk membersihkan rumah." Tepati. Jangan lebih dari jam itu, karena Anda harus siapkan diri sambut Senin.

4. Orang sukses tidak menyia-nyiakan 15 jam terakhir
Kesuksesan artinya butuh "isi ulang daya" sewaktu-waktu. Jadi, jangan sia-siakan waktu yang tersisa. Ajak teman-teman untuk berkumpul dan bersantai. Tidak perlu melakukan kegiatan superseru. Cukup ngobrol santai, pastikan ada tawa. Anda akan lebih menikmati pekan yang baru karena tahu Anda sudah menyeimbangkan diri, bukan memusingkan email-email yang menyerbu inbox untuk dikerjakan.

Sepakat dengan si pengarang buku ini?

Penulis: /NAD
Sumber:Huffington Post


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's Join Us

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Advertising

Advertising
Terapi Kesehatan, Kecantikan & Penyakit Kritis