Kami siap mendengarkan anda..

Rabu, 29 Mei 2013

Aidil Akbar: Buatlah Perencanaan Keuangan Sedini Mungkin

Membahas masalah perencana keuangan dan investasi, nama Aidil Akbar tampaknya paling berkibar. Laki-laki penyuka drama musikal ini sering menyuarakan pentingnya untuk melakukan perencaan keuangan dan investasi, terutama bagi para urban Jakarta.

Melalui website dia menshare mengenai perencanaan keuangan dan perkembangan isu investasi yang terjadi hari ini. Selain itu dengan akun twitternya @AidilAKBAR aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari followernya.


Melalui email, Aidil Akbar Madjid yang mengaku telah berdagang sejak usia 9 tahun ini memberikan penjelasan pentingnya melakukan perencanaan keuangan.

Seberapa urgent masyarakat urban membuat perencanaan keuangan dalam hidupnya?

Sangat urgent dan sebaiknya dibuat secepat mungkin. Satu aset yang sangat berharga yang tidak bisa kita dapatkan kembali adalah WAKTU. Ketika kita terlambat (sudah lewat) maka mempersiapkan keuangan dan investasi akan semakin "berat dan besar".

Kenapa masyarakat urban harus membuat perencanaan keuangan?

Karena banyak ketidak pastian dalam kehidupan kita. Karena biaya hidup semakin hari semakin tinggi. Karena kenaikan penghasilan tidak bisa "catch up" dengan kenaikan biaya hidup apalagi biaya pendidikan.

Apa saja si biasanya yang wajib di direncanakan oleh masyarakat urban?

Ada 6 pilar keuangan yang wajib dipenuhi sebelum perencanaan keuangan dilaksanakan yang dikenal dengan Financial Check Up.

1. Check up utang, apakah ada hutang konsumtif yang harus dilunasi
2. Check up networth (kekayaan bersih) apakah sudah positif
3. Check up cash flow bulanan, apakah sesuai pemasukan dan pengeluaran dan ada kelebihan dana yang bisa ditabung dan investasi
4. Check up dana darurat, apakah sudah memiliki
5. Check up asuransi, apakah sudah memiliki dan cukup asuransi kesehatan dan jiwa (bila perlu) dan asuransi aset
6. Check up perencanaan keuangan lain-lain (dana pendidikan, dana pensiun, pembelian aset dll).

Andai gaji masih kecil, apakah harus tetap membuat perencana keuangan?

Tetap donk, mungkin tidak full financial planning tapi setidak-tidaknya financial check up nya harus sehat.

Bagaimana menghadapi kejadian-kejadian tak terduga

Itulah sebabnya kita harus punya dana darurat dan asuransi (check up no 4 & 5).

Apa tantangan terberat ketika menjalankan perencanaan keuangan

Malas memulai, menunda-nunda, disiplin. Banyak kisah sukses, dari yang keuangan berantakan sampai rapih, dari yang target beli rumah 3 tahun bisa dilaksanakan dalam 1,5 tahun dll

Apa penyebab utama kegagalan seseorang dalam mencapai target atau tujuannya?

Tidak buat perencanaan, tidak dilaksanakan, tidak disiplin, tidak fleksibel

Tips buat masyarakat urban yang ingin memulai merencanakan keuangannya?

Buatlah perencanaan keuangan sedini mungkin. Apabila bisa berdisiplin silahkan melakukan sendiri, apabila tidak bisa disiplin gunakan jasa konsultan perencana keuangan independen yang berkwalitas (bergelar RFA & RFC) serta berpengalaman. Berinvestasi pada produk yang benar, perencana keuangan yang berkwalitas tidak akan menganjurkan berinvestasi pada produk yang aneh-aneh.
#
Aidil Akbar yang menyukai Olah raga (fitness) dan berenang, musik, nonton film, nonton musical drama (opera), terbang (bawa pesawat kecil/punya lisensi pilot), menembak ini juga telah menulis sembilan buku yang telah diterbitkan, diantaranya:

1. RICH GAME, Cara Kaya dengan Investasi, buku tentang basic perencanaan keuangan dan investasi dilengkapi dengan papan permainan investasi seperti monopoli

2. MBA Manajemen By Amplop, buku sederhana tentang keuangan keluarga dan bagaimana menggunakan amplop sebagai cara mengatur keuangan keluarga (cash flow) secara simpel dan efektif, dilengkapi dengan amplop khusus

3. Dasar-dasar merencanakan keuangan syariah, buku saku tentang keuangan syariah yang simpel

4. Muda Kaya Raya, Tua Sejahtera, Meninggal Masuk Surga (Insya Allah), buku perencanaan keuangan dan kehidupan secara syariah yang lengkap, dilengkapi dengan CD penghitungan zakat dan waris

5. Menjadi pengusaha, buku dasar-dasar bagaimana menjadi seorang pengusaha dan memulai usaha.

6. Aku Pasti Bisa, buku tentang pengalaman pribadi, value-value dalam kehidupan dan berbisnis, sering dijadikan referensi sebagai buku motivasi.

7. SHOCKING UNITLINK , buku yang membongkar informasi tentang unitlink yang sebenarnya dan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi selama ini.

8. Rahasia Kaya Raya dengan Perencanaan Keuangan dan Tulisan Tangan, buku yang mengungkap hubungan antara tulisan tangan dan perencanaan keuangan yang dapat membantu anda untuk menjadi orang kaya.

9. Melajang Lagi, buku yang sangat berguna bagi mereka yang mempunyai masalah dalam perkawinan, bagaimana mempersiapkan diri dan keuangan sebelum perceraian, selama masa proses perceraian dan setelah paska perceraian.

Rencananya tahun ini dia akan menerbitkan tiga buku lagi. (KW)


Sumber : Liputan 6 SCTV
oleh Karmin Winarta

Segera rencanakan keuangan terbaik un tuk keluarga anda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's Join Us

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Advertising

Advertising
Terapi Kesehatan, Kecantikan & Penyakit Kritis