Kami siap mendengarkan anda..

Kamis, 16 Mei 2013

Yuk, Mulai Siapkan Dana Pendidikan Anak Sekarang!

Biaya pendidikan setiap tahunnya selalu meningkat. Itu tantangan yang harus dipertimbangkan ketika mulai mengatur perencanaan keuangan Anda, terutama setelah Anda dan pasangan memutuskan untuk memiliki anak. Bayangkan saja, biaya masuk untuk Kelompok Bermain yang berkualitas saat ini bisa mencapai jutaan, bahkan belasan juta rupiah. Tapi jangan khawatir, dengan perencanaan yang matang dan mulai sejak dini, Anda pasti bisa mempersiapkan dana pendidikan si buah hati!


Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Tapi, yang paling utama adalah mulailah sedini mungkin. Jika Anda mulai mempersiapkan dana untuk masuk Kelompok Bermain atau TK sejak si buah hati baru lahir, tidak akan terasa berat, dibandingkan jika Anda baru mulai mempersiapkannya di tahun yang sama.

Selain itu, perlu diingat bahwa menyamakan prioritas antara Anda dan pasangan juga penting. Apakah Anda berdua sepakat bahwa yang terpenting adalah si buah hati mendapat pendidikan yang berkualitas? Jika ya, dan kebutuhan hidup terasa sangat banyak, mungkin Anda harus mengatur prioritas dan mengurangi pos pengeluaran yang kurang penting, seperti dining out atau berlibur.
Di bagian ini, kami akan membahas mengenai dua strategi untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, yaitu asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan.

Asuransi Pendidikan
  • Dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, sehingga juga berfungsi sebagai proteksi terhadap orang tua.
  • Nilai akhir yang diperoleh lebih besar daripada nilai yang dibayarkan, karena sebagian jumlah yang dibayarkan akan diinvestasikan oleh manajer investasi perusahaan asuransi tersebut.
  • Cocok untuk mempersiapkan dana pendidikan sejak awal, ketika anak masih berusia 1 tahun, misalnya. Hal ini karena ada unsur investasi yang hasil return-nya baru terasa signifikan dalam jangka panjang.
  • Jumlah premi tidak berubah, sesuai kesepakatan awal dengan perusahaan asuransi.
  • Cocok bagi Anda yang berkomitmen dan berdisiplin tinggi untuk menyetorkan sejumlah nominal secara konsisten dalam jangka waktu tertentu.
Tabungan Pendidikan
  • Dikeluarkan oleh bank
  • Suku bunga tabungan tidak terlalu tinggi, sehingga tidak bisa mengharapkan hasil akhir yang tinggi juga.
  • Karena tidak ada ikatan perjanjian, maka jumlah setoran bisa bervariasi, tergantung dari dana yang ada.
  • Cocok untuk menambah dana pendidikan yang sudah dipersiapkan – karena hasil akhir sangat tergantung pada setoran yang dilakukan.
Dua strategi lain, yaitu berinvestasi melalui reksadana dan logam mulia, akan dibahas pada Bagian 2. Simak terus, ya!

Segera rencanakan kehidupan terbaik untuk buah hati anda..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's Join Us

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Advertising

Advertising
Terapi Kesehatan, Kecantikan & Penyakit Kritis