Kami siap mendengarkan anda..

Selasa, 23 April 2013

5 Fakta penting tentang kanker prostat

5 Fakta penting tentang kanker prostatKanker prostat merupakan salah satu penyakit yang menghantui para pria di seluruh dunia. Simak lima fakta penting mengenai penyakit ini seperti yang dikutip dari My Health News Daily (28/04) berikut ini.

Penyakit orang tua Menurut pihak National Institutes of Health, kanker prostat pada umumnya menyerang pria berusia 65 tahun ke atas dan jarang ditemukan pada pria di bawah usia 40 tahun. Kemudian, pihak Centers for Disease Control and Prevention juga menyebutkan kanker prostat adalah penyakit pembunuh pria kedua setelah kanker kulit. Selain itu, menurut U.S. Preventative Services Task Force, sebenarnya kanker prostat berkembang lambat dan tidak mematikan, sebab kematian pasien kanker prostat kebanyakan disebabkan karena penyakit lain.


Pemeriksaan bersifat kontroversial
Jenis tes untuk mendeteksi adanya penyakit kanker prostat yang selalu menjadi bahasan yang kontroversial adalah PSA (Prostate-Specific Antigen melalui pemeriksaan darah pasien). Banyak pihak yang menyebutkan para pria sebenarnya tidak perlu melakukan tes ini, namun pihak instansi kesehatan yang lain menyatakan tes PSA bisa mendeteksi kanker prostat secara dini sehingga penyakit tersebut bisa segera diobati.

Overdiagnosis sering terjadi
Masih berhubungan dengan pemeriksaan PSA, menurut penelitian terbaru di Eropa, setengah dari pria yang menjalani tes PSA sebenarnya sehat dan tidak terjangkit kanker prostat. Alasan ini juga merupakan salah satu mengapa banyak ahli medis yang berdebat mengenai pentingnya PSA bagi pasien untuk melakukannya atau tidak.

Memantau lebih baik
Karena kanker prostat dinilai sebagai jenis kanker yang pertumbuhannya lambat dan tidak mematikan, banyak pasien yang meninggalkan proses pengobatan dan melakukan pemantauan yang mengharuskan mereka menjalani pengobatan jika tiba-tiba pertumbuhan kanker bersifat agresif dan membahayakan.

Mengurangi risiko
Jalan utama para pria untuk mengurangi penyakit kanker prostat ini adalah dengan menjalani diet sehat. Selain itu, pihak National Institutes of Health menyebutkan bahwa vegetarian memiliki risiko lebih rendah untuk terserang kanker. Nutrisi lycopene pada tomat juga disebut-sebut sebagai penurun risiko kanker prostat
.
Semoga informasi tersebut di atas mengenai kanker prostat bermanfaat bagi Anda, dan jangan lupa untuk melakukan pola hidup sehat demi menghindari berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang Anda![riz]

Sumber : Merdeka.com 
Reporter: Rizqi Adnamazida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's Join Us

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Advertising

Advertising
Terapi Kesehatan, Kecantikan & Penyakit Kritis