Kami siap mendengarkan anda..

Selasa, 23 April 2013

Kanker payudara pada pria, jarang namun lebih berbahaya

Kanker payudara pada pria, jarang namun lebih berbahayaPeneliti mengatakan bahwa pria jarang terkena kanker payudara, namun mereka yang terkena kebanyakan tidak akan bisa bertahan lebih lama dari wanita. Ini karena mereka tidak sadar bahwa mereka juga bisa memiliki kanker payudara dan selalu terlambat dalam mengetahuinya. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata wanita bisa hidup hingga dua tahun lebih lama dari pria yang terkena kanker payudara.

Penelitian membuktikan bahwa tumor pada payudara pria lebih besar dan lebih cepat menyebar ke seluruh tubuh. Pria juga didiagnosa memiliki kemungkinan hidup yang lebih rendah daripada wanita.
Banyak pria yang tidak menyadari bahwa mereka bisa terkena kanker payudara, dan terkadang dokter juga tidak mengetahuinya, dan seringkali melewatkan tanda-tanda kanker yang biasanya akan langsung menjadi tanda bahaya pada wanita.

"Kanker payudara sangat tidak umum terjadi pada pria dan seringkali terlewat dari pemeriksaan," kata Dr Winchester, seorang ahli bedah kanker payudara di NorthShore University HealthSystem, Chicago.
Peneliti menganalisa data nasional pada kasus kanker payudara selama tahun 1997 - 2007. keseluruhan pasien pria yang terkena kanker payudara sebanyak 13.475 orang sementara pasien wanita sebanyak 1,4 juta orang. Penelitian menunjukkan bahwa pria bisa hidup hingga delapan tahun setelah didiagnosa, sementara wanita bisa hidup hingga 10 tahun. Namun penelitian ini tidak menyatakan apakah kematian pasien tersebut disebabkan oleh kanker atau tidak.

Beberapa dokter mengatakan bahwa tumor pada pria kemungkinan berbeda secara biologis dengan yang ada pada wanita. Pria dengan kanker payudara stadium awal memiliki tingkat ketahanan yang lebih rendah dibandingkan wanita yang memiliki kanker payudara stadium menengah. Namun keterlambatan diagnosa pada pria juga mungkin mempengaruhi perkembangan dan penanganannya.

Penyebab kanker payudara pada pria masih belum bisa dipastikan. Namun bisa juga dikarenakan oleh gen, usia tua, sejarah keluarga yang memiliki kanker, dan peminum berat. Tidak ada petunjuk resmi mengenai bagaimana mendeteksi kanker pada pria. American Cancer Society menyatakan bahwa pemeriksaan secara teratur pada pria belum tentu bisa membantu karena kasus kanker pada pria ini termasuk langka.

Namun pria yang memiliki sejarah keluarga yang pernah memiliki kanker diharapkan waspada. Kanker payudara pada pria biasanya muncul seperti benjolan di dekat puting. Perubahan bentuk atau warna pada puting juga bisa menjadi tanda-tandanya. Pria yang menemukan tanda-tanda ini sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.[kun]

Sumber : Merdeka.com
Reporter: Kun Sila Ananda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let's Join Us

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Sudahkah anda rencanakan masa depan keluarga anda?

Advertising

Advertising
Terapi Kesehatan, Kecantikan & Penyakit Kritis